Rabu, 06 Juni 2012

Tips Memulai Suatu Bidang Usaha

Saat ini banyak orang yang ingin memulai usaha sendiri bahkan memiliki brand sendiri tanpa menjadi reseller orang lain atau pun lainnya. Kebanyakan dia yang ingin membuka usaha sendiri biasanya karna bosan dengan prkerjaan yang sudah ia tekuni atau memang hobi pada bidang yang ingin ia buat sebagai suatu bidang usaha. 

Sebenarnya positif negatif dalam memulai suatu usaha, positifnya kita dapat memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain, atau pun memang karna hobi dan ingin disalurkan, mana tau diminati orang banyak. Negatifnya ya pasti ada pasang surut yang harus siap sedia dalam menghadapinya, seperti promosi, kualitas barang yang menjamin, dan mampu beretika untuk jujur dalam menciptakan suatu produk.

Hal yang harus dipersiapkan saat ingin berwirausaha adalah..
  1. Modal. Modal adalah hal yang penting dalam berwirausaha, tidak akan bisa berusaha bila tak mempunyai uang, apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini, semua serba mahal bahan pokok yang banyak yang mesti dipenuhi bila berwirausaha.Tak usah modal besar, buatlah usaha dari sesuatu yang kecil dulu, dapatkan banyak keuntungan, baru mulai memperbesar wilayah pemasaran. 
  2. Senyum dan ramah. Banyaklah tersenyum karna senyum membuat mood seseorang menjadi lebih baik dan mengurangi ketegangan, orang lain akan nyaman dan tenang bila berhubungan dengan kita. Ramah, jangan cepat emosi karna kepuasan pelanggan lah yang utama.
  3. Bagaimana Cara Memulai Usaha? Tanamkan pada diri sendiri bahwa berwirausaha sudah menjadi tekat sejak lama dan harus segera dijalankan, jangan hanya ragu lalu berdiam yang membuatmu terus-terusan batal dalam memulai. Ingat berwirausaha jangan mengikuti apa yang sudah ada sebelumnya, jangan jadi "pengikut" hendaknya kita mampu membuat usaha yang beda daripada yang lain, jadilah diri kamu sendiri. Bila masih ragu saat mau membuka usaha apa, belajar dan kenali diri sendiri, apa bakat, minat dan kemampuan yang kamu miliki.
  4. Diri Sendiri. Tidak hanya mempersiapkan uang, kita juga harus mempunyai persiapan lainnya seperti jaringan atau bahkan diri sendiri yang mampu membuat suatu hubungan yang baik, biasanya suatu usaha pasti dimulai dari teman antar teman, lalu dari mulut ke mulut, ciptakanlah komunikasi yang baik yang membuat orang tertarik denganmu, lalu mulai mempromosikan usaha apa yang kamu miliki ke orang banyak. 
  5. Kejujuran. Kejujuran tetaplah menjadi sesuatu yang HARUS dan janganlah kamu melakukan tindakan curang, ibarat pepatah "setinggi-tingginya tupai melompat, pasti akan ketahuan juga" maksudnya bila kamu sudah curang sejak awal, lama kelamaan akan ketahuan juga kecurangan apa yang kamu lakukan, tuhan maha adil kok, rezeki sudah ada yang mengatur. Malahan apabila kamu selalu beretiket jujur orang lain akan senang dan nyaman menggunakan produk yang kamu miliki dan kamu pun akan merasa puas tanpa merasa hati tak enak atas kecurangan yang telah kamu perbuat.
  6. Ketekunan. Jadikanlah usaha itu sebagai hobi, seperti yang saya sampaikan sebelumnya "jangan ikut-ikutan" karna sesuatu yang ikut-ikutan tidak bagus malah tampak kita tidak percaya pada bakat dan kemampuan dalam bidang apa yang kita miliki, semua manusia punya bakat, aku, kamu, mereka.. pasti punya. Bila sudah sesuai dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki jalani dengan sepenuh hati, pasti akan membuahkan hasil yang baik pula.
  7. Sikap semangat dan pantang menyerah. Jangan karna gagal sekali lalu kamu berhenti begitu saja, jangan menyerah sesungguhnya kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Lihatlah pengalaman para ilmuan kita, seperti Einsten contohnya, ia pernah gagal tapi ia terus mencoba dan enggan untuk menyerah karna dia tau "saya pasti bisa", dan ada pepatah lainnya "jika kamu tidak pernah mencoba maka kamu tidak akan pernah tahu" berusaha lah menggali bakat yang kamu miliki, coba.. bila suatu kali mendapati kegagalan, belajar dari kegagalan tersebut, rajin berdoa dan usaha makan akan dibukakan jalan oleh-Nya.
Baiklah itu saja beberapa tips dari saya semoga bermanfaat dan semoga kamu dapat menyikapinya, semoga kita bisa jadi pengusaha yang sukses, karna sejujurnya saya mempost ini karna memang saya ingin sekali bisa membuka suatu bidang usaha, berhubung saya memang suka sekali sepatu, baju, nongrong, dan makan maka dari itu saya berharap suatu hari saya bisa memiliki brand sepatu, baju, dan restoran/cafe milik sendiri, aminnnn o:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar