Kamis, 31 Mei 2012

Cara Menahan Kebiasaan Ngemil Tengah Malam



Apakah kamu memiliki kebiasaan mengunyah camilan di tengah malam bloggers? Sadarkah kamu bahwa aktivitas ini dapat mengganggu program diet kamu karena ada kalori tambahan yang diasup sebelum tidur. Dengan mengubah rutinitas ngemil pada tengah malam, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa tips untuk membantu kamu untuk mengurangi kebiasaan tersebut:

1. Atur waktu makan. Pastikan kamu mengikuti jadwal makan yang tepat. Tubuh kamu cenderung mendambakan makanan pada malam hari karena lapar dan bukan karena suatu kebiasaan. Setelah kamu mengikuti jadwal yang tepat, tubuh akan mempertahankan stabilitas kadar gula darah dan menjaga tubuh dengan energi yang cukup.

2. Jangan lupa makan. Tubuh kamu mengidam makanan pada malam hari karena tidak menerima makanan yang cukup pada siang hari. Ini berarti bahwa terlalu sedikit makan pada siang hari atau tidak makan cukup kalori, maka sulit untuk menopang tubuh kamu sepanjang malam. Pastikan kamu tidak melewatkan makan apa pun. Berikan tubuh kamu cukup kalori yang diperlukan untuk mempertahankan kadar gula.

3. Makan ringan. Makan malam dengan menu yang “berat” akan membebani dan memperlambat pencernaan dan menghambat tidur kamu. Dianjurkan untuk makan dengan porsi yang kecil sepanjang hari. Dengan cara ini, tubuh kamu akan mendapatkan kalori yang dibutuhkan dan menghindari rasa lapar. Menyantap lima porsi kecil sepanjang hari secara berkala dapat mencegah rasa lapar pada tengah malam.

4. Pilih camilan sehat. Jangan menyantap makanan ringan yang tinggi lemak, tetapi pilih makanan yang tinggi protein. Hindari makanan penutup yang tinggi gula setelah makan malam. Makanan tinggi gula membuat lonjakan kadar gula kamu sehingga akhirnya membuat kamu kembali merasa lapar. Pilih makanan seperti buah-buahan segar, buah-buahan kering, segelas susu, dan yogurt rendah lemak.

5. Minum yang cukup. Jika kamu menghadapi rasa lapar, cara terbaik adalah minum segelas air. Tidak hanya membantu kamu rileks, tetapi juga akan membantu kamu merasa kenyang.

6. Jangan tenggak stimulan. Hindari minum stimulan, seperti kopi atau teh, setelah makan malam karena mereka akan menghambat tidur kamu. Jika kamu bangun di tengah malam, perut kamu terasa lapar dan membutuhkan sedikit makanan.

7. Ambil kesibukan. Jika kamu masih sulit tidur, membaca buku atau mendengarkan musik lembut membuai kamu kembali tidur. Banyak kasus ngemil di tengah malam terjadi pada orang-orang yang menderita insomnia. Pastikan kamu telah menetapkan rutinitas tidur yang tepat dan cukup tidur pada malam hari. Orang yang mempunyai waktu beristirahat cukup cenderung makan lebih sedikit.

Selamat mencoba bloggers semoga dapat membantu, salam :)

Sumber www.serbawanita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar