Rabu, 23 Mei 2012

Cara Ampuh Atasi Bad Hair Day

Kamu sering mengalami masalah dengan rambut kamu pada pagi hari. Tidak perlu panik. Sekarang ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bad hair day tersebut.

Tidak ada seorang pun yang memungkiri jika rambut merupakan bagian yang tidak dapat diabaikan dalam berpenampilan. Rambut adalah mahkota yang harus dijaga agar tetap sehat dan indah. Rambut sehat dan indah tentu membuat setiap perempuan tampil lebih percaya diri. Tapi tidak semua perempuan dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk menata dan merawat rambut dengan baik. Terutama bagi perempuan yang sering kali mengalami masalah dengan rambut yang terjadi di pagi hari.

Bad hair day sering sekali dialami oleh setiap wanita pada pagi hari. Bangun kesiangan dan tak sempat lagi keramas. Akhirnya, rambut yang sudah lepek diikat menjadi ponytail. Lalu mereka segera bergegas menuju kantor. Akibatnya, rambut bukannya terlihat rapi dan cantik, malah menjuntai-juntai di sekitar telinga dan tengkuk. Bad hair day memang sering dialami wanita, entah karena salah potong rambut, belum keramas, atau rambut memang susah diatur.

Bad hair day membuat kepercayaan diri seseorang hilang. Pasalnya, ketika seorang wanita mengalami bad hair day, ia merasa seperti kehilangan mahkotanya. Dan itu membuatnya minder. Dani Armada, hair stylist sekaligus make up artist dari D'Glam Boutique Salon, mengatakan bahwa ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bad hair day. "Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi bad hair day," ungkap Dani.

Pertama, gunakanlah scarf atau bandana. "Scarf itu berfungsi untuk mengatasi bad hair day," katanya. Dengan menggunakan scarf, rambut yang berantakan pada pagi hari akan dapat ditutupi. Tak perlu risau terlihat aneh ketika menggunakan scarf. Justru scarf membuat penampilan menjadi terlihat lebih chic dan elegan.

Cara mengikat scarf pun beragam, tergantung pada keinginan dan bagian dari rambut yang ingin ditutupi. Scarf juga dapat digunakan untuk menutupi seluruh bagian kepala. Selain itu, supaya terlihat unik ketika, cara paling mudah adalah dengan bermain pada ikatan scarf. "Triknya adalah dengan membuat simpul yang unik. Simpulnya bisa di atas kepala, di bawah kepala, atau dibiarkan di bahu," ujar Dani.

Kedua, buatlah ponytail atau cepol. "Ini trik yang paling gampang buat ngatasin bad hair day," sambung Dani. Meski terlihat kuno, ini adalah trik yang paling ampuh untuk mengatasi keluhan akan rambut pada pagi hari. "Trik ini memang kuno. Tapi biar terlihat tetap trendi, jangan bikin kuncir kuda biasa. Itu terlalu basi. Coba buat kuncir kuda yang longgar, terus rambut ditekuk dan biarkan ujung-ujung rambutnya keluar," terang Dani.

Ponytail model ini memberikan kesan rambut tetap rapi, tapi tidak terlihat terlalu klimis, dan tetap ada unsur cuek. Tatanan rambut ini cocok untuk wanita yang tomboi. Ada juga gaya rambut ponytail yang di-mix dengan kepangan. Tetapi kepangan ini dibuat sedikit longgar. Dan tatanan rambut ini sangat cocok untuk pemilik rambut yang lurus dan ikal.

Ketiga, dengan potongan rambut yang tepat. "Banyak orang yang salah dalam memilih potongan rambut. Karena itu, sebelum memotong rambut, pilihlah potongan rambut yang tepat untuk jenis rambut, bentuk wajah, dan kepribadian seseorang," lanjut Dani. Jika ada seorang wanita, lanjut Dani, yang memiliki pekerjaan yang aktif, tetapi memiliki rambut yang panjang, tentu itu akan menyulitkan perempuan dalam bekerja. "Karena itu, potongan rambut yang tepat akan membantu mengatasi bad hair day," imbuhnya.

Saran Dani, jangan pernah menyepelekan bentuk wajah dan jenis rambut ketika ingin memotong rambut. "Contohnya, kalau ada seorang wanita memiliki jenis rambut yang kasar dan tebal, lalu dia memotong rambut tersebut dengan model bob, tentu itu akan membuat rambutnya terlihat semakin tebal, kasar, dan awut-awutan," urai Dani.

Sesuaikan pula bentuk wajah dengan potongan rambut yang tepat. "Jika ada seorang wanita yang memiliki rambut lurus dan wajahnya bulat, tapi dia mau dipotong model pixie, tentu potongan tersebut akan membuat wajahnya semakin bulat," katanya. Karena itulah, sebelum memotong rambut, orang sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan hair stylist agar tidak salah dalam memilih potongan rambut.

Keempat, bando, jepit rambut, atau hair sticks. "Aksesori ini mudah ditemukan di semua toko aksesori rambut," kata Dani. Dan hampir semua wanita memiliki aksesori rambut tersebut. Yang paling penting, ucap Dani, sesuaikan aksesori tersebut dengan acara yang akan dihadiri. "Untuk memilih aksesorinya, sesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Kalau acaranya semiformal, pakai aksesori rambut yang simpel. Tapi kalau acaranya formal, pakai aksesorinya yang mewah. Seperti menggunakan jepit rambut yang ada hiasan permatanya," ungkap Dani.

Kelima, topi. "Meski terlihat sepele, tapi ternyata topi sangat bagus untuk menutupi bad hair day lho," imbuh Dani. Dengan topi, rambut yang susah diatur atau kusut dapat disembunyikan. Sebaiknya topi yang stylist. "Coba pakai topi baret, topi cowboy, atau fedora. Pasti semua orang akan melirik si wanita tersebut dengan tatapan iri karena penampilannya dengan topi yang terlihat trendi dan stylish," urai Dani.

Yang perlu diperhatikan adalah melihat jenis pakaian yang dikenakan dan lingkungan tempat beraktivitas. "Kalau ia bekerja di dunia entertainment, pakai topi seperti fedora, cowboy, dan lainnya tentu sangat cocok dan akan semakin terlihat fashionable. Tapi kalau dia pekerja kantoran, jelas itu tidak akan cocok dan terlihat aneh," ungkap Dani.

Keenam, bad hair day biasanya dialami jika seorang wanita memiliki rambut yang kering dan rusak. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, lain kurangnya perawatan. "Banyak wanita yang kurang menyadari arti pentingnya perawatan rambut. Karena itu, mereka sering mengalami bad hair day. Padahal dengan rajin merawat rambut, mereka tidak akan mengalami bad hair day lagi," jelas Dani.

Karena itulah, lanjut Dani, berikan perhatian khusus pada rambut. Dan selalu gunakan perawatan yang sesuai untuk masing-masing jenis rambut. Contohnya, jika memiliki rambut yang kering, perawatan rambut dengan kandungan vitamin A, B, C, dan E dapat membantu meningkatkan produksi sebum pada kulit kepala. "Dan juga dapat melancarkan sirkulasi minyak di rambut," kata Dani.


Sumber Gaya-hidup.infogue.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar