Kamis, 06 Februari 2014

TUGAS 9 BAHASA INDONESIA: KERANGKA TULISAN ILMIAH DAN BAB PENDAHULUAN (BAB PENDAHULUAN)



 BAB I
PENDAHULUAN
            I.I  Latar Belakang
Indonesia akan terus melemah ke 5,3 persen di 2014. Pasalnya, pasar modal Internasional diperkirakan akan tetap bergejolak meskipun perekonomian negara-negara berpendapatan tinggi akan mulai pulih.
Maka dari itu, Indonesia harus dapat mengencangkan ikat pinggang untuk dapat melindungi diri dari situasi eksternal tersebut. Indonesia juga harus mendorong pertumbuhan yang sangat bergantung pada langkah kebijakan dalam negeri.
Tetapi apa jadinya ibu kota Indonesia bila tetap diberlangsungkannya kenaikan BBM ? apa tanggapan para tokoh penting dan masyarakat di Indonesia mengenai beredarnya isu "BBM naik" di Indonesia.

            I.2  Perumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang yang dibuat maka dapat diambil beberapa masalah yaitu:
1.      Apa dampak positif dan negatif dari "BBM naik"
2.      Apa penyabab bisa terjadinya "BBM naik"
3.      Bagaiman cara mengatasi atau upaya pemerintah dan masyarakat dalam beredarnya kabar "BBM naik"

I.3   Tujuan dan Manfaat 
 A. Tujuan
Agar kita mengetahui penyebab dari perselisihan dan perbincangan serta solusi dari masalah ini.

B. Manfaat
Semoga pembahasan ini dapat dimengerti dan dipahami oleh semua pihak sehingga permasalahan "BBM naik" dapat teratasi.

1.4   Metode Penulisan
Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan penulis menggunakan metode studi documenter. Adapun teknik yang dipergunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka, pada metode ini, penulis membaca artikel dan tanggapan para tokoh penting di Indonesia yang berhubungan dengan penulisan ilmiah serta berkaitan dengan masalah"BBM naik"

BAB II
ISI

Kepala perwakilan baru Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves mengungkapkan, dalam menghadapi gejolak ekonomi dunia, kebijakan pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) perlu untuk terus dilanjutkan.

"Ini dilakukan untuk melindungi Indonesia dari berbagai resiko fiskal jangka pendek, sekaligus menyediakan dana untuk investasi jangka panjang di bidang infrastruktur dan program sosial," ujarnya saat acara 'Peluncuran laporan triwulan perekonomian Indonesia edisi Oktober 2013' di Gedung The Energy, Jakarta, Jumat (4/10).




Menurutnya, kebijakan bank sentral dalam melepas pergerakan nilai tukar dan penetapan suku bunga cukup efektif. Sebab, langkah ini dinilai meringankan tekanan terhadap neraca transaksi berjalan.

Sementara, ekonom Bank Dunia Jim Brumby menambahkan kepercayaan investor di Indonesia kini tengah diuji. Meski memiliki pasar domestik besar dan potensi sumber daya yang menarik namun investor serta pasar perlu diyakinkan bahwa gejolak ekonomi justru akan mempertajam fokus pemerintah dalam menghasilkan reformasi kebijakan.

"Hal ini dapat menentukan peningkatan investasi asing langsung," tutur Jim
BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
Berisikan tentang kesimpulan yang dapat diambil dari kenaikan BBM di Indonesia.
III.2 Kritik dan Saran
Kritik dan saran mengenai penelitian ilmiah yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar